Apa itu Quality Control

Quality Control (QC) adalah prosedur atau satu set prosedur yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi atau jasa yang dilakukan menganut satu set kriteria kualitas atau memenuhi persyaratan klien dan pelanggan. Kontol kualitas atau Quality Control (QC) mirip tapi tidak identik dengan jaminan kualitas yang sering disebut Quality Assurance (QA).

Quality Control untuk jangka pendek, adalah suatu proses dimana entitas meninjau kualitas semua faktor yang terlibat dalam produksi. ISO 9000 mendefinisikan kontrol kualitas adalah "Sebuah bagian dari manajemen mutu difokuskan pada pemenuhan persyaratan mutu".

Pendekatan Quality Control Menekankan pada tiga aspek :



  • Unsur-unsur seperti kontrol, manajemen pekerjaan, Pendefinisian dan proses yang dikelola dengan baik, kinerja dan integritas kriteria, dan identifikasi catatan.
  • Kompetensi, seperti pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi
  • Elemen lunak, seperti personel, integritas, kepercayaan, budaya organisasi, motivasi, semangat tim, dan hubungan kualitas.


Pengertian Quality Control, tujuan quality control
Quality Control

Quality Control meliputi pemeriksaan produk, di mana setiap produk diperiksa secara visual, dan sering menggunakan mikroskop untuk lebih detail sebelum produk dijual ke pasar eksternal. Inspektur akan memberikan daftar dan deskripsi dari produk cacat yang tidak dapat diterima seperti retak atau cacat permukaan misalnya.


http://www.bapaknaga.com/2016/08/pengertian-quality-control.html
Latest


EmoticonEmoticon